Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 15 Maret 2017

Tag:

Sablon Manual

Sablon Manual
Sablon Kaos Manual
Sablon Manual
Untuk usaha di bidang konveksi ini tidak luput dari desain kaos, karena penambahan sablon pada kaos akan menambah nilai dari suatu produk jika dibanding memproduksi kaos polos biasa saja. Biasanya para pengusaha konveksi melakukan kerja sama dengan pengusaha sablon tapi tidak banyak juga yang menggeluti 2 paket wirausaha ini  sekaligus dalam usahanya.
Untuk memulai usaha sablon apa saja yang perlu disiapkan dan butuhkan. Untuk kali ini akan membahas tentang sablon manual dulu. Kira-kira ada 10 alat yang diperlukan yaitu sebagai berikut :
1.      Screen dan Rakel
Kedua alat ini merupakan satu paket yang harus di miliki saat proses penyablonan. Screen adalah tempat untuk memroses cetakan gambar, yang terbuat dari kain kotak-kotak kecil yang diapit dengan kayu/alumunium. Sedangkan Rakel adalah alat yang digunakan untuk menggosok tinta kr kain supaya menghasilkan gambar yang kita inginkan menempel di kain
2.      Obat Afdruk
Obat ini befungsi untuk membantu menjiplak atau menghasilkan gambar desain kita ke dalam kain screen yang melalui proses penyinaran. Biasanya obat ini dijual satu set dengan sensitizernya. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dilakukan persentase pencampuran obat afdruk dengan sensitizer  90%:10%
3.      Tinta Sablon
Untuk memilih tinta sablon ini sangat penting karena akan berpengaruh pada hasil sablon. Jangan beranggapan bahwa tinta yang hatrganya mahal memiliki hasil yang bagus. Jadi jangan sampai salah memilih tinta sablon, pilih lah yang berkualitas. Dan lakukanlah uji coba terlebih dahulu sebelum menyablon dalam jumlah banyak.
4.      Biang Warna
Yang diperlukan adalah 4 Biang warna seperti merah, kuning, biru, dan hitam. Dengan ke empat warna tadi kita hanya perlu mengkombinasikan warna-warna lain. Misal jika kita ingin mendapatkan warna hijau kita tinggal mencampurkan warna kuning dan biru. Begitu seterusnya sesuai kaedahnya. Dan diperlukan eksperimen-eksperimen kecil untuk mendapatkan warna sesuai dengan yang kita inginkan.
5.      Catalis
Catalis adalah salah satu alat sablon yang berfungsi untuk mengeraskan hasil afdrukan.Catalis ini sangat penting karena berfungsi mengawetkan hasil afdrukan agar tidak luntur saat proses cuci screen. Caranya cukup simple saat screen sudah kering dari proses penyinaran dan penyemprotan dengan mengoleskan calatis ini depan dan belakang bidang kain screen, lalu keringkan setelah itu bilas dengan air dan keringkan kembali. Screen siap dipakai untuk proses menyablon.
6.      Kotak Penyinaran
Berupa box penyinaran, yang berfungsi untuk menghasilkan afdrukan yang baik diperlukan proses penyinaran selama 6-10 menit tergantuk merk obat afdruknya.
7.      Penyemprotan Screen
Alat ini sangat diperlukan dalam proses sablon. Untuk melakukan proses penyemprotan ini harus hati-hati tidak usah keras-keras dalam menyemprot, agar hasil afdrukan tidak pecah.
8.      Meja Sablon
Untuk menghasilkan sablon yang cerah dan tebal anda harus melakukan beberapa kali proses menyablon bisa sampai 3-4 lapisan. Nah dengan hanya modal screen dan rakel aja anda akan mengalami kesulitan karena untuk melakukan 3-4 kali lapisan anda pasti mendapatkan kesulitas saat mengepaskan antara screen dengan kain jadi ada perlu meja sablon untuk kedudukan yang persisi, jadi untuk melakukan 2-4 kali lapisan hasil sablon anda tidak lari dari lapisan pertama. Ada banyak alat sablon manual yang fungsinya sama dengan meja sablon seperti frame persisi, meja catok, dan mesin rotari.
9.      Kain
Untuk melakukan percobaan-percobaan menyablon anda memerlukan kain sebagai wadah tempat melakukan cetakan. Anda harus menyiapkan potongan-potongan kain yang banyak untuk membantu anda dalam proses belajar sablon. Teknik sablon pun akan menjadi berbeda antara kain terang dan kain gelap. Untuk kain yang terang (kain warna putih) biasanya kita bisa melakukan sablon hanya 1 kali lapis saja. Sedangkan kain warna gelap contohnya kain hitam, anda harus melakukan sablonan 3-4 kali lapis.
10.  Mesin Press
Sebenarnya mesin press ini tidak terlalu penting untuk anda yang baru belajar di sablon. Tapi mesin press menjadi penting apabila anda ingin mendapatkan hasil sablon yang bagus. Lagi pula mesin press ini juga berguna untuk anda yang ingin melakukan beberapa teknik sablon, seperti discarge, form atau sablon timbul, dan lainnya.
Demikianlah sekilas tentang dunia sablon manual. Dan temukan artikel-artikel kami yang lain disini Dunia Konveksi.

0 komentar:

Posting Komentar