Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 13 Maret 2017

Tag:

Benang Konveksi

Jenis-Jenis Benang

Pada umumnya sebuah perusahaan yang bergerak dibidang konveksi menggunakan beberapa macam benang tergantung kebutuhan dan jenis mesinnya. Karena setiap mesin jahit memiliki jenis benang tersendiri seperti mesin jahit overdeck, mesin bordir, mesin obras, dll.  Perbedaan benang terletak pada tekstur, bahan dasar benang, kegunaan dan fungsinya. Benang yang digunakan harus berkualitas, tidakmudah putus, elastis, kuat yang akan berpengaruh pada hasil jahitan yang berkualitas dan awet.
Berikut jenis benang menurut bahannya :
1.                   Benang Jahit
Benang ini merupakan benang yang umum digunakan para konveksi. Yang berasal dari berbagai macam serat, baik serat alami maupun serat imitasi. benang yang terbuat dari serat alam misalnya benang sutra dan benang katun. Benang yang terbuat dari serat imitasi misalnya benang polyster dan benang nilon. Benang jahit memiliki tekstur yang halus dan lembut. Jenis benang ini Terdapat system numbering/penomoran yang digunakan untuk menentukan tingkat kehalusan dari benang ini. Semakin tinggi nomer benang, maka semakin tinggi juga tingkat kehalusan dari serat benang tersebut.
2.                   Benang Karet
Benang ini terbuat dari material dasar karet. Benang jenis ini bersifat lentur. Memiliki tekstur yang tebal dan banyak dimanfaatkan untuk membuat kerutan pada produk busana. Benang karet digunakan pada mesin-mesin jahit konveksi, seperti pada mesin obras dan mesin bordir.
3.                   Benang Stainless
Benang stainless disebut juga benang logam. Bahan dasar benang ini terbuat dari serat logam berlapis plastik. Benang stainless bertekstur lembut, tipis, namun kuat. Benang ini berwarna gold atau silver yang mengkilap/berkilau. Benang stainless digunakan untuk menghias pakaian, baik secara manual maupun dengan mesin. Benang ini dapat  digunakan pada mesin bordir untuk menghasilkan efek mengkilat yang mewah.
4.                   Benang Kasur/ Benang Jagung
Benang ini memiliki tekstur kasar, diameter besar, dan kuat. Selain untuk menjahit ikatan pada kasur, benang dari serat selulosa ini juga digunakan untuk aplikasi hiasan berupa renda pada pakaian. Benang ini memiliki warna kream dan putih pucat. 

Dan masih banyak lagi jenis-jenis benang, tapi untuk usaha konveksi pada umumnya menggunakan ke-4 jenis benang tersebut diatas. Di pasaran terdapat aneka merk benang. Benang yang berkualitas baik biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal. Pemilihan benang yang berkualitas baik akan memaksimalkan hasil produk konveksi. Jadi, ketelitian diperlukan untuk memilih benang yang bagus.
Dan temukan artikel menarik lainnya disini Dunia Konveksi.

0 komentar:

Posting Komentar